Bupati Tulang Bawang Lepas Keberangkatan 291 Jamaah Calon Haji 2018

Bloggua CN, Tulang Bawang – Lebih kurang  291 orang Jamaah Calon Haji (Calhaj) 2018,  asal Kabupaten Tulang Bawang, berangkat ke tanah suci Mekah. Keberangkatan dilepas langsung oleh Bupati Tulang Bawang, Winarti. Selasa 31 Juli 2018.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir para Anggota Forkopimda, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional dilingkup Pemkab Tulang Bawang.

Dalam sambutan, Bupati Winarti mengatakan, dalam balutan nuansa iman dan Islam, momen silaturahmi sekaligus melepas para jamaah calon haji tahun 2018, sebanyak 291 orang. Yang diantaranya adalah jamaah laki-laki sebanyak 145 orang dan jamaah perempuan sebanyak 146 orang, akan segera berangkat menuju ke tanah suci mekah.

Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima, dan bilamana sebagai hamba-Nya yang mampu, mampu dalam artian bukan hanya mampu secara material, tetapi mampu secara mental spiritual, sekaligus sehat jasmani dan rohani untuk berhaji. Maka kemampuan itu merupakan modal dasar dalam menunaikan ibadah haji agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

Winarti juga mengingatkan, “Saya mengharapkan agar berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh para calon jamaah haji, seperti pengetahuan tata cara menunaikan ibadah haji dari pelatihan manasik haji dan buku-buku petunjuk. Tentu juga menjaga kesehatan jasmani dan rohani yang dimiliki, hendaknya dapat dijadikan sebagai bekal yang baik, dalam pelaksanaan ibadah haji,”katanya.

Dihimbau juga kepada Ketua Rombongan dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Tim Kesehatan Haji serta Ketua Regu yang telah dipercaya, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga dapat membantu para jamaah calon jaji untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan khusuk.

"Saya berpesan ketika di tanah Suci Makkah nanti, saudara-saudara dapat menjadi duta-duta Bangsa Indonesia yang baik. Karena sebagai tamu di negeri orang, saudara-saudara juga membawa nama dan citra bangsa kita, termasuk citra Kabupaten Tulang Bawang, maka tunjukanlah rasa budaya gotong royong kita, jaga kesehatan, dan jangan lupa yang muda bantu yang tua,”ujarnya.

Diketahui, dari 291 Jamaah, terdapat jamaah tertua, atas nama Parno Potaslim Mustopa (86) dan Rosminah Rusni Karjo (89). Kemudian jamaah haji termuda atas nama Tria Monika Safri (21) dan M.Ilham Rianda Irawadi (19).

Keberangkatan Jamaah calon haji tersebut terbagi dalam 2 Kloter, pertama Kloter 33 bersama dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Lampung Utara dan Kloter 57 berjumlah 4 orang, bersama dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, Pringsewu, Pesisir Barat, Way Kanan dan Lampung Utara. (Red)