Dinas Kebudayaan Tanggamus Adakan Pelatihan Sanggar Seni

BlogGua CN, Tanggamus -- Asisten Tiga Bidang Administrasi Firman Rani mewakili Pj. Bupati Tanggamus menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Sanggar Seni Budaya Kabupaten Tanggamus dengan tema "Menambah Wawasan dan kreatifitas Para Guru Seni yang ada di Sekolah atau di Pedesaan", bertempat di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Selasa (5/6).


Dalam Sambutan, Pj. Bupati Tanggamus yang diwakilkan kepada Asiten tiga Bidang Administrasi Firman Rani disampaikan, ikuti pelatihan Sanggar seni Budaya ini dengan baik karena sanggar seni merupakan aspirasi untuk menyalurkan bakat kepada masyarakat. Kita berharap kiprah dari pengelola sanggar seni baik disekolah dipekon atau kecamatan tetap terus diterapkan kepada Masyarakat sekitar. Harapannya juga supaya sanggar seni di Tanggamus bisa lebih ditingkatkan dan di kembangkan serta bisa mengikuti ajang - ajang festival yang diselenggarakan oleh sanggar seni Indonesia, dan semoga Tanggamus bisa mewakili Lampung dan dapat mengharumkan nama baik Tanggamus juga.


Sementara Laporan Kadis Kebudayaan, Gandung Hartadi, disampaikan bahwa kegiatan pelatihan sanggar seni Tanggamus ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta kreatifitas dan tentang bagaimana cara mengelola sanggar seni yang ada di sekolah lingkungan pekon/desa atau masyarakat.


Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5 sampai dengan 6 juni 2018 bertempat di Aula Hotel 21 Gisting, dengan jumlah anggota 30 orang yang terdiri dari 15 guru seni budaya Sd, SMP,SMA/SMK dan 15 sanggar yang berada di pekon dan kecamatan.


Ditambahkan juga olehnya bahwa, bulan November nanti akan dilaksanakan parade nusantara, maka dari itu Tanggamus mengumpulkan semua kreasi tari untuk di lakukan pelatihan sebagai pondasi awal untuk mengasah bakat dan kemampuan, setelah itu akan mewakili kabupaten tanggamus ke kancah provinsi dan nasional, untuk provinsi sendiri akan di tampilkan di Festival Krakatau di provinsi lampung.


"Saya berpesan selalu kepada para peserta agar selalu menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan, kita harus menjaga nilai-nilai luhur kebudayaan kita yang ada di tanggamus," Ucap Gandung.


Turut hadir Asisten Tiga Bidang Administrasi Firman Rani, Kadis Kebudayaan Gandung Hartadi, MM,. Narasumber dari Provinsi Dosen UNILA Harijaya Ningrat sekaligus Budayawan Provinsi, Edi Pulampas, Narasumber Budayawan Seni Tanggamus, H. Munasir Kabid Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan, Para Peserta dari Guru SD,SMP,SMA,SMK, Sanggar Nusantara, sanggar Pekon , serta dari Sanggar Kecamatan.

ls|editor:Adam Arassy