Tanggamus Lepas 52 Kafilah MTQ, Ikuti MTQ Ke-46 Lampung

BlogGua CN, Tanggamus – Pj. Bupati Tanggamus yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Firman Rani, melakukan Pelepasan Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Tanggamus untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Lampung di Ruang Rapat Utama Pemkab Tanggamus, Rabu (25/4/18).


Kegiatan acara dihadiri juga oleh Ketua MUI Tanggamus KH. Makmun Siroj, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Agung Asrori, Kapolres yang diwakili Kabag Ren Kompol Misbahuddin Kepala Kantor Kemenag yang juga Ketua Kafilah Tanggamus Murdi Amin serta para Kepala OPD Pemkab Tanggamus.


Dalam sambutan Pj. Bupati yang dibacakan Drs. Hi. Firman Rani, disampaikan permohonan maaf Pj. Bupati karena tidak bisa melepas secara langsung Kafilah MTQ Tanggamus dikarenakan ada agenda lain.


Firman melanjutkan, atas nama Pemkab Tanggamus dan masyarakat mendoakan semoga kafilah MTQ Tanggamus, selama mengikuti MTQ dilindungi oleh Allah SWT dan dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraih selama ini, yaitu sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung selam dua kali berturut-turut.


Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh Ustadz dan Pembina, baik sebagai pelatih maupun official, serta LPTQ yang telah sungguh-sungguh melatih, membimbing dan mendampingi para peserta dalam persiapan menghadapi MTQ ke-46.


"Melalui pemusatan latihan yang telah saudara-saudara laksanakan tersebut dapat mengantarkan peserta MTQ menjadi yang terbaik dalam MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung. Masih segar dalam ingatan kita, MTQ di Kabupaten Pesawaran. Kafilah kita memperoleh prestasi membanggakan yakni juara umum. Mencermati hasil yang diraih itu merupakan prestasi yang membanggakan", kata Firman Ranie.


Firman Ranie juga berpesan kepada para kafilah, untuk menjadikan ajang tersebut sebagai motivasi dan jika pun ada kesulitan dalam pertandingan nanti. Agar tidak dijadikan beban dan menjadi kendala atau alasan untuk tidak berprestasi. “Yang terpenting saat ini tumbuhkan semangat juang yang tinggi dan rasa optimis”, imbuhnya.


"Keberhasilan kita dalam ajang MTQ ke-45 lalu hendaknya dijadikan motivasi dan semangat dalam meraih juara. Peran LPTQ Kabupaten Tanggamus sudah cukup maksimal dalam mempersiapkan kafilah ke berbagai cabang lomba yang dimusabaqahkan dalam mengikuti MTQ ke-46 Tingkat Provinsi Lampung", katanya.


Selain itu Firman juga mengharapkan agar para pendamping dan para pelatih selalu memberikan semangat dan dorongan kepada seluruh peserta. Diharapkan pula terjalinnya hubungan yang harmonis dilandasi saling pengertian diantara peserta, pelatih dan pimpinan kafilah serta mengedapankan pola asah, asih dan asuh. Sehingga tercipta kekompakan dalam semangat kebersamaan dengan tujuan berjuang untuk tampil maksimal meraih prestasi terbaik.


"Saya mengharapkan saudara-saudara para peserta MTQ. Untuk tetap dan selalu menjaga stamina dan kondisi kesehatan. Memanfatkan waktu luang untuk senantiasa berlatih sesuai dengan cabang yang diikuti. Kobarkan semangat bahwa saudara/i bisa dan dapat meraih prestasi terhormat pada MTQ kali ini. Jagalah sikap, perbuatan baik dalam berinteraksi dengan sesama peserta lomba dan masyarakat. Agar masyarakat luar Tanggamus dapat mengenal bahwa masyarakat Bumi Begawi Jejama adalah masyarakat yang ramah, santun dan menjaga etika pergaulan”,harapnya.


Sebelumnya dalam laporan Ketua Kafilah Kabupaten Tanggamus, Hi. Murdi Amin, disampaikan bahwa dasar pelaksanaan MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan di Bandar Lampung ini adalah Keputusan Pj. Kabupaten Tanggamus, nomor : B.168/08.06/08/2018 Tentang Official dan peserta MTQ Kabupaten Tanggamus pada MTQ ke-46 tingkat Provinsi Lampung tahun 2018. Adapun tujuan ikut sertanya dalam MTQ ke-46, selain ikut andil dalam event tahunan tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap Al-Quran, serta mempertahankan gelar Juara Umum yang telah diraih.


Sebagaimana diketahui Kabupaten Tanggamus telah berhasil meraih dan mempertahankan gelar Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung dua kali berturut-turut, yaitu pada MTQ ke 44 di Kota Agung Tahun 2016 dan MTQ ke 45 di Pesawaran Tahun 2017 yang lalu.


"Cabang yang diikuti sembilan cabang dan 22 golongan, peserta kafilah MTQ Tanggamus berjumlah 52 peserta dengan rincian, 10 orang peserta tilawah putra dan putri, peserta Qir'oat Murotal 6 orang, peserta tahfidz 1 Juz, 5 Juz Tilawah 4 orang, tahfidz 10, 20 dan 30 Juz 6 orang, tafsir bahasa arab dan Indonesia 4 orang, fahmil Quran 6 orang, Syarhil Qur'an 6 orang, Khot Quran 8 orang dan dua diantaranya peserta makalah ilmiah Al Quran, dan didampingi 30 oficial," terangnya.


Acara pelepasan ditutup dengan pemberian ucapan selamat jalan kepada Kafilah MTQ Kabupaten Tanggamus yang selanjutnya diberangkatan dari Kantor Sekretariat Pemkab Tanggamus.


editor: Adam Arassy

0 Komentar

Silahkan Komentar