Muara Indah Segera Dijadikan Ikon Kebanggaan Tanggamus

BlogGua CN, Tanggamus - Langkah Pemerintah Kabupaten Tanggamus melanjutkan pembangunan tahap II Taman Wisata Muara Indah tahun 2018 semakin mantap. Optimisme Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat untuk mengoptimalisasi Muara Indah yang berlokasi di bibir pantai Teluk Semaka Kelurahan Baros, Kecamatan Kota Agung, berbanding lurus dengan dukungan dan komitmen dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


Pemkab Tanggamus satu suara untuk menjadikan Muara Indah sebagai ikon kebanggaan kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama itu. Untuk itu, pengelolaan, pengembangan, dan optimalisasi harus dikonsep dengan baik. Agar dalam realisasi pembangunan tahap II yang dilanjutkan tahun 2018, tidak serampangan.


Bertempat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tanggamus, seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah pemkab setempat melaksanakan Forum Grup Diskusi Sosialisasi Pengembangan Kawasan Wisata dan Optimalisasi Pengelolaan Taman Wisata Muara Indah tadi (3/11) pagi.


Kepala BAPPEDA Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega mengatakan, selain dihadiri seluruh OPD, FGD tadi pagi juga dihadiri pihak Kecamatan Kota Agung, Lurah Baros, Lurah Kuripan, Lurah Pasar Madang, beserta perwakilan masyarakat dari masing-masing kelurahan tersebut. Di hadapan stakeholder terkait, Hendra memaparkan rencana pengembangan dan optimalisasi pengelolaan Muara Indah.


"Selain pemaparan dari BAPPEDA, tadi juga berlangsung komunikasi interaktif dengan seluruh stakeholder. Kepala Dinas Kominfosandi juga sangat mengapresiasi publikasi Muara Indah tahap demi tahap. Dan mereka juga siap mendukung segala bentuk publikasi terkait progres Muara Indah," ungkap Hendra.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengharapkan, pengembangkan dan optimalisasi Taman Wisata Muara Indah ke depan, tetap memperhatikan sisi pemeliharaan dan pengelolaan operasional.


Camat Kota Agung Wiwin Triyani juga menegaskan, pihak kecamatan siap untuk mengelola Muara Indah bersama Dinas Pariwisata. Di samping itu, Aparat Kecamatan Kotaagung bersama tiga kelurahan, siap mengelola dan bertangungjawab pada aspek kebersihan Taman Wisata Muara Indah.


Kesiapan serupa juga disampaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tanggamus, melalui Sekretaris Dinas Okta Rizal. Dia mengungkapkan, Dinas PUPR siap untuk mengawal pelaksanaan pembangunan fisik Muara Indah pada tahun-tahun mendatang.


"Konklusi dari FGD dengan seluruh OPD tadi pagi, seluruh stakeholder mendukung penuh Pengembangan Taman Wisata Muara Indah untuk dijadikan ikon kebanggaan Ibukota Kabupaten Tanggamus. Semoga pembangunan bisa terlaksana dengan lancar sampai (Muara Indah) benar-benar rampung dan siap menarik perhatian para pengunjung domestik bahkan mancanegara," pungkas Hendra.


*|Rudi, wartawan BCN mengabarkan.