Nasdem-PAN Dukung Petahana Dalam Pilkada 2020 Pesisir Barat

0
110
Abdulloh Hasim, Sekretaris DPD Nasdem Kabupaten Pesisir Barat

BlogGua, Pesisir Barat – Semakin jelasnya para sosok yang akan maju pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020. Yaitu Agus Istiqlal-Zulqoini Syarief (Nasdem dan PAN), Pieter-Fahrurrozi (PDIP dan Perindo), dan Aria Lukita Budiwan (ALB)-Erlina (Demokrat-PKB).

Komisioner KPU Pesisir Barat, Marten Efendi, Azwan Feri, dan Ramzi membenarkan bahwa tim pemenangan Partai pengusung masing masing Paslon telah mendatangi KPU.

“Ya tim dari partai Nasdem, PDIP, Demokrat dan PKB sudah datang ke sini, konsultasi terkait pencalonan,” kata Azwan Feri, saat ditemui di kantor KPU setempat, Rabu 26 Agustus 2020

Kata dia, selanjutnya tentang bisa saja berkembang isu sara dalam pilkada Pesisir Barat tahun 2020, itu merupakan kewenangan Bawaslu. Namun demikian pihaknya tetap menghimbau melalui berbagai kegiatan yang mereka laksanakan agar proses hingga pilkada dan pasca pilkada situasi tetap kondusif.

“Nanti juga ada deklarasi kampanye damai yang kami gelar. Terkait isu – isu pilkada Pesisir Barat, ranahnya ada di Bawaslu. Tetapi kalau KPU, kami jaga netralitas mengupayakan masyarakat memahami dekmokrasi lebih dewasa,” kata dia.

Selanjutnya Marten menyampaikan hingga saat ini tahapan sampai sekarang masih dilakukan pemuktahiran data pemilih penerimaan calon.

“Pencalonan dari mulai bimtek kemarin kami sudah buka ruang untuk masing-masing tim Paslon datang ke KPU seperti apa saja yang harus disiapkan. Kami berharap Partisipasi masyarakat juga ada kegiatan sosialisasi komunitas masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat mengajak sadar demokrasi, sekaligus menjelaskan pemilihan dalam suasana Covid19 ini untuk menjalankan protokol kesehatan,” kata Marten.

Pilkada tahun 2020 ini, lanjut Marten, pihaknya memasang target minimal partisipasi pemilih sebanyak 77,5 persen. Meskipun tentang jumlah pemilih untuk Pilkada Pesisir Barat tahun 2020 masih dalam proses.

“Proses coklit berakhir 15 Juli-13 Agustus lalu, kemudian dilaksanakan Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP), kemudian pleno tingkat PPS, tingkat PPK. Selanjutnya dilakukan pleno penetapan DPS. Kemudian diumumkan di masyarakat di Pekon Pekon selama 10 hari. Kami tampung masukan dan koreksi untuk dirubah kalau ada kesalahan elemen data, kami siap rubah,” kata Marten.

Terpisah, Sekretaris DPD partai Nasdem Kabupaten Pesisir Barat, Abdulloh Hasim dan bendahara partai Fery Senepil, ditemui dikantor Nasdem, Rabu 26 Agustus 2020 mengatakan jelang Pilkada, Nasdem konsentrasi penuh dan berjalan sesuai AD/ART partai. Menarik simpati masyarakat dengan kegiatan – kegiatan nyata yang positif ditengah masyarakat.

“Nasdem berjalan sesuai AD/ART, kami tidak nyinggung dan mengurus urusan – urusan partai lain. Kami sudah membentuk dan melantik pengurus Nasdem dari tingkat kabupaten hingga tingkat pekon. Sudah ada 94 Pekon yang dilantik, dari 116 Pekon dan dua kelurahan yang ada di kabupaten ini. Sisanya menyusul dan sudah siap untuk dilakukan pelantikan,” kata Abdulloh.

Meskipun surat rekomendasi dari PAN selaku koalisi Nasdem telah keluar untuk Paslon Agus Istiqlal-Zulqoini Syarief, namun dari DPP Nasdem hingga saat ini masih ditunggu.

“Surat rekomendasi dari PAN sudah keluar, dari Nasdem insyaalloh hari Minggu ini sudah ada. Sudah final mengusung pasangan Agus Istiqlal-Zulqoini Syarief,” ujar dia.

Kami menarik simpati, lanjut Abdulloh, apa yang sudah dijalankan oleh petahana pak bupati, berjuang dengan satu tujuan mohon kepada masyarakat kebersamaannya bersama PAN dan Nasdem menyukseskan pilkada pesisir barat dan memberikan hak suaranya kepada Agus Istiqlal dan Zulqoini Syarief.

(wari)||editor:pzr