DPR RI: Tamanuri Sosialisasikan UU No.23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah

0
340
Anggota DPR-RI dari Praksi Partai Nasdem Drs. H. Tamanuri M.M (baju batik coklat) saat menggelar sosialisasi UU No 23/2014 di Kecamatan Abung Tengah, Kamis (3/8/2017).

BlogGua CN, Lampung Utara – Anggota DPR-RI dari fraksi Partai Nasdem Drs. H. Tamanuri M.M, sosialisasikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kali ini sosialisasi dilakukan di Desa Gunung Besar Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara.

“Dengan diadakannya sosialisasi dan pemahaman mengenai UU No 23/2014 ini, ditujukan agar Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat bisa memahami tentang struktur pemerintahan daerah, seperti struktur dari tingkat Desa terdiri dari Sekretaris Desa dan perangkat lainnya sehingga hal ini harus dipahami”, tutur Tamanuri, Kamis (3/8/2017).

Ditambah Tamanuri, beberapa poin dalam sosialisasi UU No.23 tahun 2014 ini juga berkaitan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa serta mengenai UU Pemilu. Karena dalam UU Pemilu itu sendiri ada banyak perubahan mengingat Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif menjadi satu.

“UU Desa ini untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Desa tentang tugas dan pengelolaan Dana Desa, disitu juga terdapat payung hukumnya dan saat ini sudah banyak Kepala Desa yang ditangkap karena menyalahgunakan Dana Desa tersebut. Dengan adanya pemahaman ini kita harapkan Kepala Desa bisa tahu”. jelasnya.

Dalam dialognya bersama masyarakat, Tamanuri dilontarkan pertanyaan tentang diperbolehkan atau tidak Dana Desa digunakan untuk membantu pembangunan dari dana Kabupaten, menyikapi hal itu Tamanuri mengatakan, “tidak diperbolehkan, dana desa itu digunakan untuk mem-backup dana kabupaten. Karena itu peruntukannya sudah beda”, jawabnya.

Banyak dari aparatur desa berharap adanya pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan dana desa, diantaranya pengelolaan yang berkaitan dengan transparansi publik. Dengan begitu akan dapat membantu memberikan pencerahan dan pemahaman tentang pengelolaan dana desa.

*| Wartawan : Berkhin