Bupati Lamteng Shalat Ied di Lapangan Merdeka Seputih Agung

0
32

BlogGua, Lampung Tengah – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto beserta ibu Hj.ellya Lusyana Loekman dan melakukan sholat Idul Adha di dilapangan merdeka seputih agung Jumat (31/8/2020).

Sebelm Pelaksanaan Sholat isdul adha tahun ini panitia memberlakukan protokol kesehatan, seperti penyediaan cuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh .
Sementara para jamaah sudah menempati shafnya masing-masing. Setiap jamaah diberikan jarak sesuai tanda yang telah disesuaikan. Bertindak selaku imam pelaksanaan sholat idhul adha ustad Khoironi dan khutbahnya Kompol Sutana Yusuf.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto mengatakan bahwa nikmat yang kita rasakan pada hakikatnya merupakan amanah dari Allah subhanahu wa ta’ala yang harus kita syukuri dan kita gunakan sesuai dengan ajaran agama.

Ibadah qurban, lanjut bupati, yang kita laksanakan memberikan pesan penting bahwa pengorbanan apapun yang dilakukan semata-mata mengharapkan Ridha Allah subhanahu wa ta’ala disertai dengan sabar dan tawakal. Pada akhirnya akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Ditambahkan bupati, pada hakikatnya ada makna filosofis yang perlu kita ketahui peristiwa besar tersebut dalam ibadah qurban terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan. Karena ibadah qurban mengajarkan untuk mencintai sesama saling menolong dan saling memberi lebih dari itu secara simbolis nabi Ibrahim alaihi salam dan nabi Ismail alaihi sallam memberikan pesan kepada kita semua agar membersihkan hati dan jiwa dan nafsu – nafsu hewani yang seringkali melekat pada diri manusia.

Selain itu bupati mengajak kepada seluruh warga masyarakat umat islam agar ibadah qurban dapat menjadi gaya hidup untuk membantu sesama. Karena orang-orang yang senantiasa berkurban akan memperoleh tempat yang paling tinggi di sisi allah subhanahu wa ta’ala, juga bisa mengantarkan umat Islam menjadi umat yang kuat, umat yang tangguh yang memiliki kepedulian kepada sesama.

Terkait adanya musibah pandemi covid 19, loekman mengajak kepada warga masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dan anjuran dari pemerintah dan memanjatkan doa bersama agar seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Tengah terhindar dari virus.

Diakhir sambutannya, bupati atas nama jajaran pimpinan daerah ini memohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan dalam melaksanakan tugas dan bupati pun mohon maaf karena belum dapat berbuat lebih banyak lagi untuk menciptakan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten ini.

“Pada tahun ini seharusnya akan diteruskan pembangunan jalan untuk kenyamanan masyarakat. Namun karena adanya peristiwa besar peristiwa internasional wabah penyakit yang disebut virus Corona ini memangkas semua program-program yang telah tersusun,” pungkas bupati.

Usai Pelaksanaan sholat idhul adha bupati degan di dampingi Penjabat sekertaris Daerah hanibal dan jajaran menyerahkan 1 ekor sapi hewan qurban kepada panitia idhul qurban kecamatan seputih agung Kabupaten setempat. (adv)

(DISKOMINFO)||editor: pzr