Penutupan Tes UKW Ke XV, 40 Wartawan PWI Lampung Berkompeten

0
214
Inilah wajah para jurnalis (baju putih) PWI Lampung yang dinyatakan berkompeten oleh tim penguji PWI Pusat, dalam acara penutupan UKW oleh PWI Provinsi Lampung. foto dibidik Selasa (25/7/2017) siang,

BlogGua CN, Lampung Utara – Dalam uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-XV yang di laksanakan di Lampung Utara sebanyak 40 Wartawan dari 53 peserta UKW, dinyatakan berkompeten. Hal itu diungkapkan oleh Djunaedi Tjunti Agus/Ketua Tim Penguji UKW asal Jakarta, di acara penutupan UKW ke-XV di Hotel Graha Wisata Kotabumi, Selasa (25/7/2017).

Dikatakanya, dalam UKW kali ini 13 peserta telah dinyatakan belum berkompeten yang masing-masing terdiri dari 2 orang dari 7 peserta tingkat utama, 2 orang dari 4 peserta tingkat madya dan 9 orang dari 42 peserta tingkat muda.
“Untuk tingkat nasional, PWI telah meloloskan 7.561 Wartawan yang berkompeten. Bagi yang belum bersabarlah karena masih banyak kesempatan di waktu yang akan datang”. Singkat Djunaedi, dalam laporanya dihadapan puluhan peserta.

Masih ditempat yang sama, mewakili peserta UKW, Wira Hadikesuma mengatakan terimakasih kepada tim penguji yang telah banyak memberikan pengetahuan tambahan yang selama ini belum didapat dalam melakukan aktivitas kejurnalisan sehari-hari. “Tentunya dengan mendapat predikat kompetensi dengan tingkatannya masing-masing. Kami akan lebih berhati-hati lagi dalam menjalankan profesi kami. Karena sertifikasi Wartawan tidak bersifat mutlak bisa dicabut seketika bila kita melakukan pelanggaran kode etik jurnalis”. Jelas Wira, salah satu peserta UKW tingkat Utama.

Masih pada kesempatan itu, Sekretaris PWI Lampung, Adi Kurniawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemkab setempat yang telah mendukung terselenggaranya UKW ke-XV ini. Dia juga meminta agar peserta yang belum dinyatakan berkompeten untuk bersabar dan terus belajar.

Sementara mewakili ketua PWI pusat, Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, Atang S Dafari, menyatakan, bahwa hasil UKW ke-XV di Lampura cukup baik. Dia juga mengingatkan agar segala peserta baik yang dinyatakan berkompeten atau pun tidak harus senantiasa meningkatkan kinerjanya.” Bagi yang lulus l Performanya harus berbeda dan lebih baik lagi dari sebelumnya”. Pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi pemkab Lampura, Sunny Lumy yang menutup acara itu mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan UKW ini menyatakan bahwa dirinya ingin serius dan maju dalam profesi kewartawanan. Sebab Wartawan adalah profesi yang sangat strategis dalam mendukung program-program pembangunan pemerintah. ” Wartawan adalah corong informasi publik. Selamat bagi yang lulus dan mari kita bersinergi dalam membangun daerah. Yang belum lulus bersabarlah masih banyak peluang kedepannya. Ingat yang lulus secara otomatis akan menambah beban kinerjanya, karena eksistensi dan nama baik profesi Wartawan dan perusahaannya ada ditangan anda”. Pungkasnya.

*\wartawan: Berkhin