Bappenas Akan Terlibat Dalam Pengawasan Intern Pemerintahan

0
120

BlogGua, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda Indonesia dan dunia harus direspon dengan cepat dan tepat. Banyak negara tengah berjuang menyelamatkan warganya dari pandemi Covid-19 sekaligus menyelamatkan diri dari tekanan ekonomi.

Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya tata kelola yang baik untuk penanganan pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Presiden dalam mengawali Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020 yang dilaksanakan secara telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 15 Juni 2020.

“Semua itu membutuhkan respons pemerintah yang cepat dan juga tepat. Di bidang kesehatan kita harus mengendalikan Covid agar tidak menyebar lebih luas. Yang sehat jangan tertular dan yang sakit kita rawat sampai sembuh. Di bidang sosial ekonomi kita juga harus menjamin warga yang kurang mampu, warga yang terdampak Covid untuk mendapatkan perlindungan dan bantuan sosial,” ujar Presiden.

Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp677,2 untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Angka ini tentunya sangatlah besar, maka harus dikelola dengan baik dan tepat sasaran.

Presiden mengajak semua pihak yang hadir dalam Rakornas tersebut untuk sama-sama mengawal dan mengawasi alur penggunaan dana tersebut. Para pengawas dan penegak hukum diingatkan untuk mengedepankan aspek pencegahan sehingga tidak terjadi korupsi apalagi penyelewengan penggunaan dana.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Rakornas. Menurutnya, perlu adanya sinergi antar aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, dan lembaga lainnya, terkait check and balances. Bappenas pun akan ikut andil dalam mengawasi tata kelola agar menjadi lebih baik.

“Presiden mengingatkan kita semua agar mengawasi betul jalannya penggunaan dana tersebut untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, jika kita dapat mengubah tata kelola menjadi lebih baik maka semua masalah akan teratasi dengan cepat,” ujar Menteri Suharso Monoarfa usai mengikuti Rakornas.

Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas

editor: pzr