Pemkab Tanggamus Gelar Rapid Tes Massal di Pasar

0
135

BlogGua, Tanggamus – Usai memimpin Apel siaga Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19 di Lapangan Merdeka Kota Agung. Bupati Hj. Dewi Handajanj beserta Forkopimda meninjau langsung pelaksanaan Repid Tes Massal di Pasar Kota Agung, Kamis (04/06/20).

Repit tes tersebut dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dengan sasaran pedagang maupun pengunjung yang berusia lanjut dan memiliki gejala.

Turut hadir juga dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tanggamus, Hi.A.M Syafi’i dan jajaran Forkopimda.

Berdasarkan pantauan, terlihat petugas kesehatan dari Diskes Tanggamus dan UPT Pukesmas Kota Agung berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Sebelum dilakukan Rapid, petugas lebih dulu melakukan pengecekan suhu tubuh dan wawancara.

Jika suhu tubuh tinggi diatas 37 derajat dan ada gejala seperti batuk, demam serta dari perjalanan kedaerah terkonfirmasi Covid 19 maka langsung dilakukan Rapid tes.

“Rapid tes ini sebagai upaya kita untuk memantau dan mengendalikan Covid 19, mudah-mudahan hasil Rapid massal ini hasilnya non reaktif,” ujar bupati.

Bupati melanjutkan bahwa alasan dilakukan Rapid tes massal di pasar. Karena tidak menutup kemungkinan pasar menjadi klaster baru penyebaran virus Covid 19 dan setelah pasar Kota Agung, Senin depan dilakukan juga Rapid tes massal di Pasar Talang Padang.

“Harapannya pedagang maupun pengunjung pasar memberikan keterangan secara jujur. Sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid19,”kata Bunda Dewi.

Selanjutnya, Kepala Diskes Tanggamus, Taufik Hidayat mengatakan bahwa Rapid tes dilakukan terhadsp 100 orang dan difokuskan kepada pedagang maupun pengunjung berusia lanjut serta memiliki gejala.

”Yang dilakukan pemeriksaan lebih dari 100, cuma yang dirapid tes sebanyak 100 orang, hasilnya hari ini juga dapat diketahui,”pungkas Taufik.

(Diskominfo)