Disdikbud Lampura: Terima Siswa Baru, Tidak Lagi Gunakan Tes Online

0
214
Merlin Sofia (jilbab ungu) Kasi SMP Disdikbud Lampung Utara, Selasa (04/07/2017)
Merlin Sofia (jilbab ungu) Kasi SMP Disdikbud Lampung Utara, Selasa (04/07/2017)

Bloggua CN, Lampung Utara – Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ajaran mendatang, dinyatakan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, bahwa daerahnya tidak lagi menggunakan sistem online. Dimana nantinya akan menggunakan langkah manual yaitu dengan melajukan tes tertulis.

“pada tahun ini tidak menggunakan sistem online itu karena saat ini penerimaan siswa baru itu menjadi wewenangan sekolah”. ujar Suwandi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura.

Hal itu dilakukan, berdasarkan hasil musyawarah kerja MKKS dan juga mengacu pada peraturan Permendikbud No 17 tahun 2017 tentang PPDB serta Juklak dan Juknis dari PPDB yang menyatakan bahwa penerimaan PPDB bisa melaui tes dan nilai UASBN serta secara Online. Dimana Sistem penerimaan sendiri, 70 persen dari hasil tes tertulis dan 30 persen dari nilai UASBM.

“Atas dasar itukah Disdikbud dan MKKS Lampura memutuskan PPDB menggunakan tes tertulis. PPDB ini ada dua jalur yakni jalur billing dan prestasi serta jalur tes dan UASBN .Dan sistem koreksinya menggunakan sistem komputerisasi, ” terang Suwandi selasa (4/7/2017).

Sementara Merlin Sofia selaku Kasi Pendidikan SMP menambahkan, pelaksanaan akan di mulai dalam 3 hari kedepan tepatnya pada tanggal 3-5 Juli 2017 lalu Pengumumannya sendiri akan dilaksanakan tanggal 13 Juli 2017, dan Masa Orientasi siswa 17-19 Juli 2017.

“Untuk kreteria hasil kelulusan itu 15 persen untuk Biling serta jalur prestasi, dan 85 persennya untuk hasil tes tertulisnya.” Ucapnya Merlin.

Dilanjutnya, untuk kuota penerimaan murid, telah ditentukan oleh masing-masing sekolah, Dinas hanya bersifat menyetujui. Sekolah juga tidak dapat melakukan penambahan kuota diluar kuota penerimaan yang telah disetujui, Hal tersebut dikarenakan kita tidak tau berapa kuota penerimaan yang dibutuhkan oleh sekolah tersebut.

“Tujuan PPDB yaitu agar berjalan secara obyektif, transparan, berkeadilan, serta terarah dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan peraturan yang ada dan untuk anggaran kita bebankan dari dana BOS masing-masing sekolah. Penerimaan PPDB ini berbeda dari tahun sebelumnya yang masih menggunakan sistem online”. Tutup Merlin.

(MUSA)